15 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Manfaat Daun Bawang | Ibu rumah tangga pasti sangat akrab dengan daun bawang. Daun bawang biasanya dijadikan seabgai rempah untuk membuat aneka makanan, baik itu sebagai penyedap seperti kue bawang, untuk masak mie, atau aneka masakan rumahan lainnya.

Ternyata, siapa sangka, setidaknya ada 15 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami yang bisa kita dapatkan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Adapun nama Latin dari daun bawang adalah Allium fistulosum. Daun bawang memiliki aroma khas yang membuat masakan menjadi lebih nikmat.
Daun bawang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan jantung, selain itu daun bawang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun bawang juga kaya dengan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit kita, wow banyak sekali bukan?
Selain itu, bagi anda yang berjerawat, daun bawang juga merupakan solusi ampuh untuk menghilangkan jerawata membandel, juga dapat mencegah penuaan dini bahkan juga bisa untuk mengatasi rambut rusak. Sangat luar biasa sekali bukan?

Daun bawang sangat mudah busuk, hanya bisa bertahan sekitar 3 -5 hari saja. Namun jika anda simpan di kulkas akan bisa bertahan lebih dari seminggu. Selain itu, agar daun bawang lebih awet anda bisa merendam bagian akarnya di air.Daun bawang termasuk keluarga Alliaceae, ada banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, diantaranya adalah vitamin A, K dan C tinggi, asam folat, kalsium, potassium, protein, lemak, karbohidrat, serat dan rendah kalori. 
15 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan Tubuh

Banyak sekali ya kandungan nutrisinya, pantas kalau ada banyak khasiat daun bawang, berikut ini selengkapnya:

1. Manfaat Daun Bawang untuk Menjaga kesehatan mata

Manfaat daun bawang yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A di dalam daun bawang. Dalam satu batang bwang daun terdapat kandungan pro-vitamin A sebanyak 24 µg. Jumlah tersebut sudah mencukupi 2,6 % dari asupan harian yang dibutuhkan pria dan 3,4 % yang dibutuhkan wanita.

2. Manfaat Daun Bawang untuk Wanita Hamil

Daun bawang juga sangat baik untuk kesehatan wanita yang sedang hamil, kandungan asam folat dalam daun bawang sangat dibutuhkan oleh wanita hamil untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan meningkatkan kecerdasan otak. Wanita hamil yang kekurangan folat akan rentan keguguran dan mengalami kelelahan.

3. Manfaat Daun Bawang untuk Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium, vitamin C dan K sangat bermanfaat untuk tulang, sehingga dengan mengkonsumsi daun bawang, tulang akan menjadi lebih kuat.

4. Manfaat Daun Bawang untuk Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi berupa quercetin dan kemferfol pada daun bawang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Kedua zat ini baik dapat meningkatkan imunitas tubuh secara keseluruhan. Karena itu sangat baik untuk melawan penyakit seperti pilek, demam, dan flu. Selain itu juga terdapat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-virus yang membantu tubuh melawan bakteri sehingga terhindar dari infeksi.

5. Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan merupakan sesuatu yang penting untuk dijaga. Karena di sanalah awal mula proses penyerapan zat-zat gizi yang ada dalam makanan. Daun bawang dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan karena kandungan seratnya cukup tinggi. Selain itu dapat juga mengatasi masalah seperti sembelit atau susah buang air besar.

 6. Manfaat Daun Bawang Karena Kaya Mineral dan Rendah Kalori

Kandungan mineral, terutama zat besi dan kalium pada daun bawang yang cukup tinggi sangat baik untuk menjaga fungsi jantung, penambah darah, mencegah kram, serta dalam pengaturan kadar cairan tubuh.

7. Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan Jantung

Daun bawang baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Ini berkat senyawa cycloalliin yang terkandung di dalamnya. Senyawa ini berfungsi untuk mengencerkan darah sehingga mencegah penggumpalan. Juga mengurangi resiko terkena penyakit aterosklerosis.

8. Manfaat Daun Bawang untuk Mencegah Diabetes

Daun bawang ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Hal ini berkat kandungan phyto-kimia yang ada di dalamnya, yaitu allium dan alil disulfida. Kedua zat ini mencegah degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa.

9. Manfaat Daun Bawang untuk Mengobati Cacingan

Anak yang terkena cacingan biasanya cenderung kurus dan kurang aktif. Untuk mengobatinya bisa menggunakan daun bawang. Caranya, beri saja makanan yang mengandung daun bawang. Namun akan lebih bagus jika diberi sop yang mengandung daun bawang karena senyawa di dalamnya masih utuh daripada masakan yang cara memasaknya digoreng.

10. Manfaat Daun Bawang untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Mendapatkan tidur yang berkualitas berarti mendapatkan kembali kebugaran tubuh yang telah digunakan untuk beraktifitas seharian. Mengkonsumsi daun bawang dapat memperbaiki kualitas tidur, mencegah depresi dan mengendalikan homosistein.

11. Manfaat Daun Bawang untuk Mencegah Anemia

Daun bawang terkandung zat besi yang mampu meningkatkan produksi darah dalam tubuh. Seseorang yang mengalami kekurangan darah harus mencoba mengkonsumsi makanan ini karena kandungan ferroportin pada daun bawang menyimpan zat besi.

Manfaat Daun Bawang untuk Kecantikan Alami

 Berikut ini adalah beberapa manfaat daun bawang untuk kecantikan alami yang harus anda ketahui:

1. Manfaat Daun Bawang untuk Menghilangkan Jerawat

Dalam daun bawan gterdapat zat allicin yang bersifat sebagai antibakteri. Jika digunakan pada wajah dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya, bisa dengan memotong-motong daun bawang atau ditumbuk lalu oleskan pada wajah.

2. Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan Kulit kulit

Manfaat lain dari daun bawang adalah untuk mencerahkan dan meremajakan kulit. Ini berkat kandungan vitamin C yang ada di dalamnya yang mampu mencegah pigmentasi kulit serta mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit selalu tampak lebih muda.

3. Manfaat Daun Bawang untuk Mencegah Penuaan Dini

Selain vitamin C, daun bawang juga mengandung vitamin A, E dan K serta antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidannya sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak keremajaan kulit.

4. Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan Rambut

Khasiat daun bawang untuk rambut juga mulai terkuak. Jadi bukan hanya untuk kulit saja. Untuk mendapatkan manfaatnya, bisa dengan cara membuat masker rambut alami dari daun bawang. Caranya juga tidak terlalu sulit.

Ambil daun bawang secukupnya, kemudian potong kecil-kecil. Ambil sebanyak satu genggam kemudian rebus dalam 1 gelas air selama 30 menit. Angkat daun bawangnya dan celupkan dalam air es selama 2 menit. Masukkan dalam blender dan tambahkan setengah cangkir minyak zaitun lalu blender hingga halus. Aplikasikan ramuan tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama 30 menit sambil dibungkus dengan shower cap atau handuk hangat. Berrsihkan rambut dan kulit kepala, gunakan shampo dan lanjutkan dengan kondisioner.

Lakukan perawatan rambut tersebut secara rutin 2 kali seminggu. Masker bawang daun ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut yang rusak, kering, dan bercabang.
Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Jangan lupa untuk membagikan artikel mengenai 15 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami ini kepada yang lainnya agar yang lain juga tahu apa saja khasiat daun bawang untuk kesehatan dan kecantikan alami. Baca juga 29 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami
Share
 
Copyright © 2015. Manfaat Daunan.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License