13 Manfaat Daun Jarak, Biji, Akar dan Getahnya untuk Kesehatan Alami

Manfaat Daun Jarak - Tanaman jarak tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tanaman ini biasnaya tumbuh di pekarangan atau di semak belukar. Tanaman ini digadang-gadang menjadi sumber energi masa depan yang dapat diperbaharui.
Ternyata tanaman semak yang satu ini memiliki banyak manfaat. Terkhusus daunnya, ada banyak manfaat daun jarak untuk kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan kimia di dalamnya. Beberapa kandungan senyawa di dalam tanaman jarak seperti quercetin, kaempferol, astragalin, nicotiflorin dan lain sebagainya yang menyimpan fungsi baik bagi pengobatan penyakit.

Manfaat Daun Jarak, Biji, Akar dan Getahnya

Kali ini Manfaatdaunan akan berbagai informasi seputar manfaat daun jarak, biji, akar dan getahnya untuk kesehatan dalam mengobati berbagai penyakit secara alami. Apa saja kira-kira? Berikut ini diantaranya:

Manfaat Daun Jarak, Biji, Akar dan Getahnya

1. Menangani masalah susah BAB

Manfaat daun jarak yang pertama adalah untuk mengatasi susah buang air besar (BAB). Masalah buang air besar ini kerap terjadi karena tubuh mengalami kekurangan serat atau cairan. Susah BAB dapat terjadi pada siapa saja, pria maupun wanita, dewasa bahkan anak-anak.  
Nah, kandungan serat yang cukup tinggi pada daun jarak bermanfaat untuk mengatasi masalah susah buang air besar, cara memanfaatkannya adalah dengan mengukus daun jarak yang masih segar kemudian konsumsi sebagai lalapan ketika makan. Alhasil pencernaan akan kembali normal.

2. Mengobati masalah kurap

Manfaat daun jarak yang kedua adalah untuk mengatasi kurap. Caranya yaitu:
  • Cuci daun jarak sampai bersih.
  • Rendam daun jarak di dalam minyak kelapa sekitar beberapa jam.
  • Panaskan minyak daun jarak.
  • Oleskan minyak ke permukaan kulit berkurap dan tutup menggunakan kain katun.
  • Diamkan hingga semalaman dan ulangi hingga benar-benar sembuh.

3. Mengatasi bekas luka

Selain dapat mengatasi kurap, manfaat daun jarak yang lainnya yaitu untuk menghilangkan atau menyamarkan bekas luka.
Caranya yaitu dengan haluskan daun jarak menjadi bubur dan tambahkan sedikit garam. Oleskan ramuan tersebut pada bagian kulit agar bekas luka atau koreng segera hilang. Cara ini juga berlaku untuk bekas luka akibat benda tajam dan luka bakar.

4. Menurunkan panas

Manfaat daun jarak berikutnya adalah untuk meunurunkan demam panas, terutama pada bayi. Caranya dengan menggunakan 2 atau 3 lembar daun jarak yang sudah dibersihkan dan diolesi minyak lalu dipanaskan di atas kompor sekitar 2 menit. Letakkan daun tersebut pada bagian perut atau punggung bayi supaya panasnya segera reda dan suhu tubuh normal kembali.

5. Memperbesar alat vital

Kabar gembiran untuk siapa saja, terutama untuk pria, karena ternyata daun jarak bermanfaat untuk memperbesar ukuran alat vital. Daun jarak terbukti efektif mengatasi masalah kejantanan pria. Caranya;a
  • Siapkan 10 lembar daun jarak, sedikit minyak zaitun dan 1 buah jeruk nipis.
  • Tumbuk daun jarak dan jeruk nipis hingga merata.
  • Pijat alat vital dengan minyak zaitun sebelum mengaplikasikan ramuan.
  • Gunakan ramuan daun jarak dan pijat bagian alat vital hingga muncul rasa hangat.
  • Lakukan secara rutin dan rasakan hasilnya.

6. Mengobati Rematik

Manfaat daun jarak yang tidak kalah luar biasa yang lainnya adalah dapat kita gunakan untuk mengobati rematik yang kita derita. Caranya yaitu:
  • Siapkan 5 lebar daun jarak.
  • Tumbuk daun jarak hingga halus dan campurkan sedikit air hangat.
  • Oleskan ramuan di sekitar bagian rematik.
  • Lakukan secara rutin, bisa 3 kali sehari.

7. Mengatasi Perut Kembung dan Masuk angin

Anda mengalami masuk angin atau kembung? Selain untuk orang dewasa, pada bayi yang mengalami mencret dan perut kembung karena masuk angin, anda juga bisa memanfaatkan daun jarak yang sudah tua. Caranya: ambillah beberapa lembar daun jarak pagar yang tua. Kemudian disiangi di atas nyala api biar agak layu dan diolesi minyak kelapa, minyak telon atau kayu putih. Setelah itu ditempelkan pada bagian bawah perut dan pinggang. Biarkan beberapa jam, biasanya akan langsung terjadi pembuangan gas dan zat yang tidak berguna dari dalam perut.

8. Manfaat Minyak Jarak Mengobati Luka dan Pendarahan

Minyak daun jarak juga bisa kita manfaat untuk mengobati luka dan pendarahan yang kita alami. Caranya sangat mudah, sediakan 2 sendok teh minyak tanaman jarak, ¼ sendok the Belerang, sejari tangan kayu Secang / Cendana, 2 Sendok makan Vaselin, semuanya dipanaskan atau tumis dan aduk merata, dinginkan sebentar sebelum dioleskan pada luka.

Luka baru berdarah bisa dihentikan langsung dengan Getah Pohon Jarak Pagar karena bersifat Anti Mikroba seperti Bethadine untuk mengusir Infeksi/Bakteri Staphylococcus, Streptococcus, dan Escherichia coli.

9. Manfaat Akar Jarak untuk Mengobati batuk dan Mengencerkan dahak

Beralih ke bagian lain tanaman jarak, ternyata akar tanaman jarak bermanfaat untuk mengobati batuk dan mengencerkan dahak. Caranya:  ambillah akar pohon jarak secukupnya, kemudian dibersihkan dan direbus dengan air 7 gelas sampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Air rebusan tersebut di minum pagi dan sore hari. Ulangi sampai 3 kali rebusan baru diganti akar yang baru. 

10. Manfaat Getah Jarak Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Anda mengalami sakit gigi karena gigi berlubang? Coba saja manfaatkan getah jarak untuk mengurangi atau menghilangkannya. Hal ini dikarenakan getah daun jarak memiliki sita antimikroba sehingga dapat mengusir bakteri seperti jenis staphylococcus, Streptococcus dan Escherechia Coli dan dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang. Caranya dengan mengambil getah jarak menggunakan kapas, kemudian ditempelkan pada gigi yang berlubang. (Hariyono dan Soenardi, 2005).

11. Manfaat Getah Jarak Mengobati radang telinga

Getah tanaman jatak juga bisa manfaatkan untuk mengatasi radang pada telinga. Radang telinga bisa terjadi karena Influensa yang mendadak ditandai suhu badan naik, sakit dalam telinga, sedikit tuli seperti berdengung. Untuk mengatasinya, ambillah setengah sendok makan Getah Jarak Pagar lalu diteteskan sebanyak 6 tetes ke dalam telinga anak, sehari boleh dilakukan 6 kali sampai sembuh.

12. Manfaat Getah Jarak Mengatasi Keputihan pada lidah bayi

Manfaat getah jarak selanjutnya adalah untuk mengatasi keputihan pada lidah bayi, terutaman bayi yang sedang menyusu. Biasanya terdapat keputihan yang menempel pada langit-langit lidah. Hal ini menyebabkan sang bayi enggan untuk menyusui dan berat badannya cenderung naik. Untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan getah daun jarak pagar. Biasanya daun jarak yang baru dipetik akan mengeluarkan getah pada tangkai daunnya. Oleskan getah itu pada lidah bayi dan keputihan akan keluar bersama air liur.
Bagaimana? Ternyata ada banyak manfaat tanaman jarak untuk kita bukan? Tunggu apa lagi, mari kita budidayakan tanaman ini di sekitar pekarangan rumah.
Itulah informasi seputar  Manfaat Daun Jarak, Biji, Akar dan Getahnya untuk Kesehatan Alami yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat untuk anda semua. Baca juga 14 Manfaat Daun Jambu Biji yang Jarang Orang Ketahui
Share
 
Copyright © 2015. Manfaat Daunan.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License