16 Manfaat Daun Salam untuk Mengobati Penyakit Secara Alami

16 Manfaat Daun Salam untuk Mengobati Berbagai Penyakit | Siapa yang tidak kenal dengan daun salam? Daun salam selama ini dimanfaatkan sebagai rempah masakan. Daun salam berfungi untuk memberikan aroma wangi untuk masakan dan menambah kelezatan setiap masakan.

Sebelum kita bahas 16 Manfaat Daun Salam untuk Mengobati Berbagai Penyakit tersebut, ada baiknya kalau kita kenalan terlebih dahulu dengan tanaman yang kandungan nutrisi yang sangat banyak ini. Adapun nama Latin dari daun salam adalah Syzygium polyanthum. Daun salam apat tumbuh hingga 30 meter. Daun salam sendiri memiliki nama yang berbeda-beda tiap daerah, diantaranya seperti orang Sunda, Jawa dan Madura: Salam, Kangean: kastolam, Jawa: manting, Sumatera: meselengan.

Kandungan Nutrisi Daun Salam 

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam daun salam:
  1. Memiliki Kalori
  2. Memiliki  Karbohidrat
  3. Memiliki serat
  4. Memiliki Mineral
  5. Memiliki  Vitamin A, B-6, B-9,C

Manfaat Daun Salam untuk Mengobati Penyakit

16 Manfaat Daun Salam untuk Mengobati Penyakit Secara Alami
Berikut ini adalah beberapa manfaat daun salam untuk mengobati penyakit secara alami:
  • Mengobati Diare

    Untuk mengobati diare, ambil 15 g daun dicuci bersih lalu direbus dengan 1 gelas air bersih selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin disaring lalu diminum.
  • Menurunkan Kolesterol Tinggi

    Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur
  • Kencing manis

    Ambil 7 lembar daun salam dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampal tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 2 kali minum.
  • Obat Sakit maag

    Ambil 15-20 lembar daun dicuci bersih, rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minum sebagai teh setiap hari, sampai rasa penuh dan perih di lambung menghilang.
  • Mabuk akibat alkohol

    Untuk mengobati orang yang mabuk alkohol, ambil 1 genggam buah salam yang sudah masak dicuci bersih lalu ditumbukbsampai halus. Peras dan saring airnya, lalu diminum.
  • Penyakit Kulit, Kudis, gatal

    Ambillah daun atau kulit batang atau akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit.
  • Mengobati Asam Urat

    Jika anda mengalami asam urat, lakukan pengobatan dengan daun salam, caranya ambil 10 lembar daun salam dan rebus bersama sekitar 700 cc air atau 3,5 gelas belimbing. Biarkan rebusan tersebut hingga tersisa satu gelas. Saring air rebusan dan minum selagi hangat.
  • Manfaat Daun Salam untuk Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamain C pada daun salam berperan untuk neingkatkan daya tahan tubuh secara alami, tambahkan daun slaam pada masakan anda.
  • Manfaat Daun Salam untuk Membantu menurunkan berat badan
Daun salam juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan, daun salam dapat melancarkan sistem pencernana kita. Caranya adalah dengan salam sebanyak 30 lembar, lalu bersihkan dan rebus dengan 4 gelas air bersih hingga mendidih. Diamkan selama beberapa lama hingga air rebusan daun salam hanya tersisa 2 gelas saja. kemudian minum secara rutin setiap hari dengan aturan minum 2 kali sehari 1 gelas pagi dan malam hari. Untuk menambah rasa, anda dapat menambahkan madu murni sesuai selera.
  • Manfaat Daun Salam untuk Menurunkan tekanan darah tinggi (Hipertensi)
Bagi penderita hipertensi, daun salam ternyata bermanfaatu ntuk menurunkan hipertensi secara alami. Hal ini dikarenakan Kandungan falvanoid dan zat tanin yang terdapat di dalam daun salam sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga anda akan terhindar dari resiko terkena serangan jantung dan stroke. Pertama siapkan 10 lembar daun salam kering ataupun basah, lalu bersihkan dan rebus dengan  3 gelas air bersih. Diamkan selama beberapa saat hingga air rebusan hanya tersisa 1 gelas saja, lalu minum secara teratur 2 kali sehari 1 gelas pada pagi dan malam sebelum tidur.
  • Manfaat Daun Salam untuk Mencegah dan mengobati penyakit kulit
Jika anda menderita penyakit kulit seperti jerawat, borok, bisul, kudis, eksim kering ataupun basah dan penyakit kulit lainnya coba gunakan daun salam untuk mengobatinya, caranya sangat mudah. Pertama-tama siapkan 10 lembar daun salam, kulit kayu dan ujung akar pohon salam secukupnya. Setelah itu, bersihkan semua bahan sampai bersih dan haluskan dengan cara ditumbuk hingga betul-betul halus. Kemudian tambahkan sedikit air, lalu aduk hingga tercampur merata dan jangan terlalu encer atau terlalu kental. Lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena alergi atau penyakit kulit sesudah mandi, lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari 2 kali sehari sampai sembuh.
  • Manfaat Daun Salam untuk Obat batuk

Caranya yaitu :
Siapkan daun salam kering sebanyak 5 lembar, lalu bersihkan dan rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah itu, tambahkan 2 sendok makan madu dan air perasan jeruk nipis 1 buah. Kemudian minum secara teratur 2 kali sehari sampai batu sembuh. 
  • Manfaat Daun Salam untuk Menambah Nafsu Makan

Daun salam juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, hal ini dikarenakan kandungan astringent, diuretik dan sifat perangsang nafsu makan.
  • Meredakan Nyeri Perut

Dalam pengobatan herbal, ramuan dari daun salam dikenal manjur untuk menenangkan perut dan menghilangkan nyeri perut
  • Meredakan Perut Kembung

Manfaat daun salam lainnya sebagai obat sakit maag dan meredakan perut kembung;
  • Mengetasi Nyeri Otot bronkitis dan flu

Kegunaan daun salam dalam minyak esensial untuk obat-obatan tradisional seperti pengobatan nyeri otot, bronkitis dan flu
Sangat luar biasa sekali ternyata ya? Itulah 16 Manfaat Daun Salam untuk Mengobati Penyakit Secara Alami yang perlu anda dan kita semua ketahui, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke yang lainnya agar mereka juga tahu apa saja khasiat daun salam tersebut. Baca juga 15 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami
Share
 
Copyright © 2015. Manfaat Daunan.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License