16 Manfaat Daun Mangga untuk Mengobati Asam Urat, Diabetes, Hipertensi, Disentri dsb

Manfaat Daun Mangga - Siapa yang tidak suka buah mangga? Buah mangga merupakan slaah satu buah yang kaya akan vitmain C. Rasanya yang manis dan harganya yang tidak terlalu mahal membuat buah mangga menjadi salah satu buah favorit masyarakat kita.

Nah, siapa sangka ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang bisa kita manfaatkan, daun mangga juga bisa kita manfaatkan. Ternyata ada banyak manfaat daun mangga untuk kesehatan yang jarang kita ketahui, bahkan mungkin selama ini tidak kita anggap.

Namun siapa sangka, ternyata setidaknya ada 16 manfaat daun mangga untuk kesehatan yang sangat luar biasa yang harus kita ketahui. Berikut ini adalah khasaiat daun mangga yang kami rangkum dari beberapa sumber yang harus ktia ketahui:

16 Manfaat Daun Mangga

 
16 Manfaat Daun Mangga untuk Mengobati Asam Urat, Diabetes dsb

Apa saja kira-kira manfaat daun mangga tersebut? Silahkan simak berikut ini:

1. Menyembuhkan Disentri

Manfaat daun mangga yang pertama adalah sebagai obat alami untuk mengatasi masalah pendarahan disentri. Bagaimana caranya? Cara membuat ramuan herbalnya sangat mudah, pertama keringkan daun mangga di tempat yang teduh dan kemudian rebus dengan air, lalu minum untuk menghentikan disentri.

2. Mengobati Nyeri Telinga

Manfaat duan mangga selanjutnya adalah untuk mengatasi nyeri pada telinga. Mungkin anda pernah mengalami sakit pada telinga yang sangat menjengkelkan, nah, ternyata daun mangga bisa anda gunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada telinga, caranya yaitu: sediakan satu sendok teh sari daun mangga sebagai obat tetes telinga yang sebelumnya sudah di panaskan sedikit.

3. Mengobati Luka Bakar

Daun mangga juga bermanfaat untuk mengobati luka bakar, caranya sangat mudah sekali, pertama bakar segenggam daun mangga menjadi abu. Terapkan abu ini pada daerah yang terkena. Pengobatan ini akan memberikan bantuan instan.

4. Mencegah Cegukan Dan Masalah Tenggorokan

Cegukan mungkin bukan masalah serius, namun jika terus menerus tentu sangat menjengkelakan, nah daun mangga terbukti efektif untuk mengatasinya, caranya bakar daun mangga sedikit dan hirup asapnya untuk menyembuhkan cegukan dan masalah tenggorokan.

5. Menguatkan Perut

Daun mangga terbukti sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah atau gangguan di perut. Caranya adalah: taruh beberapa daun mangga dalam air hangat kemudian tutup wadahnya dan biarkan semalaman. Pagi hari berikutnya saring air dan minum pada waktu perut kosong. Lakukan dengan rutin untuk bertindak sebagai tonik perut yang baik dan membantu mencegah berbagai penyakit perut.

6. Masalah Pernapasan

Anda menderita masalah pada organ pernafasan? Ada banyak sekali masalah pada saluran pernafasan yang bisa terjadi salah satunya adalah bronkitis, cara membuat herbalnya adalah, merebus daun mangga dalam air dan minum dengan sedikit manfaat madu, dapat membantu untuk menyembuhkan batuk secara efektif. Hal ini juga membantu untuk menyembuhkan hilangnya suara.

7. Empedu dan Batu Ginjal

Anda menderita batu ginjal atau batu empedu? Nah, anda bisa menggunakan daun mangga sebagai herbal untuk mengatasinya, caranya adalah dengan membuatnya sebagai ramuan herbal, jadikan daun mangga sebagai bubuk, pertama ambil daun mangga kemudian giling lalu keringkan di tempat teduh dengan air dan disimpan dalam gelas semalam, membantu dalam memecahkan batu ginjal.

8. Mengatasi Gelisah dan Kecemasan

Anda sering merasa gelisah? Nah, daun mangga bermanfaat untuk mengatasinya. Caranya dengan menambahkan 2-3 gelas teh daun mangga dalam air mandi membantu untuk mengobati kegelisahan dan menyegarkan tubuh.

9. Menurunkan Risiko Hipertensi

Daun mangga juga dapat digunakan untuk menurunkan resiko terkena tekanan darah tinggi. anda direkomendasikan minum satu cangkir teh mangga setiap hari untuk membantu mengobati hipertensi. Daun mangga membantu menurunkan tekanan darah karena memiliki sifat hipotensi. Ini juga membantu untuk memperkuat pembuluh darah dan memperlakukan masalah varises.

10. Mengobati Diabetes

Selain untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi, daun mangga juga daoat digunakan untuk mengbati diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan tanin dan anthocyanin pada daun mangga yang membantu untuk mengobati diabetes awal. Teh daun mangga sangat baik untuk membantu untuk mengobati diabetes angiopati dan retinopati diabetes. Hal ini juga membantu mengobati Hiperglikemia. Daunnya mengandung senyawa yang disebut taraxerol-3beta, dan etil asetat ekstrak yang bersinergi dengan insulin untuk mengaktifkan GLUT4 dan menstimulasi sintesis glikogen.

11. Sumber Vitamin

Selain daging buah, daun mangga ternyata juga mengandung banya vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

12. Kaya Antioksidan

Daun mangga juga mangandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan racun yang dapat merusak DNA dalam tubuh. Meskipun memang, jumlah vitamin C dalam daun mangga tidaklah banyak.

13. Meringankan penyakit asma

Untuk menyembuhkan atau meringankan penyakit asma, ambil daun mangga dan potong-potong halus, jemur dan seduh bersama dengan dua sendok teh dalam secangkir air panas, minum secara rutin.

14. Obat kesuburan suami isteri

Satu lagi manfaat daun mangga yang sangat luar biasa yaitu sangat baik untuk meningkatkan kesuburan pasutri. Cara membuat herbalnya adalah: haluskan dua siung bawang merah dan daun mangga secukupnya. Kemudian seduhkan dengan air panas sebanyak setengah gelas dan minum secara rutin.

15. Mengobati asam urat

Daun mangga juga bermanfaat untuk mengobat iasam urat. Caranya sangat mudah sekali, anda cukup menyeduh daun mangga dengan air panas hingga berubah warnanya. Anda bisa menghaluskan daun mangga terlebih dahulu agar air seduhan lebih baik. Kalau ada madu, sangat bagus anda tambahkan maud dalam air seduhan daun mangga. Minum secara rutin.

16. Mengobati penyakit batuk dan pilek

Manfaat daun mangga yang terakhir adalah untuk mengobati batuk dan pilek, Manfaat lain dari teh daun mangga adalah untuk mengobati pilek dan batuk. Caranya seduh daun mangga dengan air panas hingga berubah warnanya. Anda bisa menghaluskan daun mangga terlebih dahulu agar air seduhan lebih baik. Kalau ada madu, sangat bagus anda tambahkan maud dalam air seduhan daun mangga. Minum secara rutin.

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Selama ini mungkin kita tidak terlalu perduli, mungkin setelah ini sangat sayangk sekali kalau kita tidak memanfaatkan daun mangga ini untuk herbal alam. Demikianlah uraian 16 manfaat daun mangga untuk kesehatan  dari kami, semoga bermanfaat. Baca juga 9 Manfaat Daun Waru untuk Kesehatan dan Kecantikan
Share
 
Copyright © 2015. Manfaat Daunan.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License