27 Manfaat Daun Mint yang Sangat Luar Biasa yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Daun Mint - Daun mint mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Belakangan nama daun mint menjadi populer karena berbagai permen danaromaterapi yang terbuat dari bahan daun mint. Khasiat daun mint yang paling terkenal adalah sebagai aromaterapi untuk menenangkan pikiran, merileksasi tubuh, atau untuk menghilangkan hidung tersumbat.

Itu adalah beberapa manfaat daun mint yang bisa kita dapatkan, sebenarnya masih ada banyak sekali khasiat daun mint yang bisa kita dapatkan. Hali ini dikarenakan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Adapun kandungan nutrisi dalam daun mint yang sangat luar biasa diantarnaya adalah vitamin C, provitamin A, fosfor, besi, kalsium dan potasium.

Sangat wajar kalau daun ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Daun mint atau kalau bahasa Latin dikenal dengan istilah Mentha Cordifolia ini juga dapat menyehatkan kulit, gigi, gusi, menghilangkan nyeri dan lain sebagainya. Setidaknya ada 27 manfaat daun mint yang sangat luar biasa yang harus kita ketahui.

27 Manfaat Daun Mint

27 Manfaat Daun Mint yang Sangat Luar Biasa yang Harus Anda Ketahui

Kandungan minyak asiri berupa minyak menthol pada daun mint berperan untuk memberikan aroma wangi dan menyegarkan. Berikut ini selengkapnya:

1. Menghilangkan Nyeri

Manfaat daun mint yang pertama adalah untuk meredakan nyeri, kandungan zat antispasmodic pada daun mint berguna untuk mengendurkan otot yang tegang sehingga daun mint sangat tepat sekali jika digunakan seabgau pereda nyeri otot.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat daun mint yang berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Kandungan antioksidan dan fitonutrien pada daun mint berkhasiat untuk menjaga sistem pencernaan tubuh kita agar tetap sehat.

3. Menurunkan Demam

Satu lagi manfaat daun mint yang sangat luar biasa yaitu untuk menurunkan deman dan memberikan rasa dingin yang menyegarkan untuk tubuh. Meskipun berada di bawah terik matahari, efek yang ditimbulkan dari mint berbeda. Bahkan mereka yang memiliki demam atau kenaikan suhu, biasanya menggunakan mint untuk meredakan panasnya.

4. Terlindung dari Radikal Bebas

Tubuh terutama kulit membutuhkan perlindungan dari radikal bebas apalagi bagi kita yang beraktifitas di bawah terik matahari. Kandungan antioksidan pada daun mint berperan aktif untuk melindungi kulit kita dari radikal bebas.

5. Merawat Kesehatan Mulut dan Gigi

Khasiat daun mint untuk gigi dan mulut juga sangat luar biasa, daun mint dapat membasmi kuman dan bibit penykiat yang ada di dalam mulut, anda hanya butuh menggosokan daun mint pada mulut 2 kali sehari. Dengan demikian, mulut kita akan terhindar dari bakteri yang merugikan karena daun mint mengandung zat anti bacterial dan anti inflamasi yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mulut anda. Bahkan mampu mencegah dari kerusakan gigi permanen.

Bahkan, dengan menggunakan pasta gigi dengan bahan paper mint bisa mengontrol berat badan agar tetap idel. Artis senior asal Inggris, Joan Collins, membocorkan rahasia tubuh rampingnya meskipun kini telah menginjak usia 79 tahun. Melalui akun Twitternya, peraih penghargaan Golden Globe Award tahun 1983 ini mengungkapkan bahwa menyikat gigi dengan pasta gigi peppermint sangat membantu mengontrol nafsu makannya. Nah, inilah salah satu manfaat daun mint untuk diet yang jarang diketahui oleh orang namun sudah dilakukan oleh artis Eropa.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daun mint juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh kita. Salah satu nutrisi makronutrien yang sangat berfungsi untuk menjaga imunitas tubuh adalah vitamin. Kerja dari vitamin C yang sesuai dengan porsi tubuh anda, biasanya 500 mg, jika terpenuhi sepanjang hari mampu meningkatkan imunitas.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun mint untuk mata juga tidak bisa diremehkan, kandungan vitamin A pada daun mint berperan untuk menjaga kesehatan dan perawatan mata. Bahkan para lansia yang mengalami gangguan atau mulai rabun dianjurkan untuk terus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, salah satunya dengan mint dan wortel.

Jangan lewatkan juga: 12 Manfaat Daun Kemangi

8. Melegakan Pernafasan

Khasiat daun mint untuk pernafasan juga sangat luar biasa, estraksi daun mint bisa memberikan efek melegakan pernafasan. Sebab ada kandungan khusus yang mampu membuka rongga pada jalanya pernapasan, sehingga membuat penderita merasa lega.

9. Mengobati Batuk dan Tenggorokan Gatal

Anda sedang sakit, batuk dan tenggorokan gatal? Cobalah atasi dengan menggunakan daun mint, karenan dalam mint juga sangat aktif untuk menyembuhkan dan meredakan gatal gatal tenggorokan yang menyebabkan batuk. Hal ini disebabkan ada beberapa komposisi mint yang sangat baik untuk membuka rongga pada bagian hidung.

10. Mengatasi Stress

Aromaterapi daun mint sangat bermanfaat untuk mengatasi stress, depresi dan sakit kepala. Mint memberikan estraksi dan efek ketenangan bagi penikmatnya. Untuk itulah mengapa mint digunakan sebagai aromatarapi di dalam dunia medis. Kandungan antioksidan mampu di gunakan melawan stress dari luar tubuh anda. Hasilnya tubuh anda menjadi lebih tenang dan rileks

11. Sebagai Aroma Terapi 

Nah, ini dia manfaat daun mint yang sangat luar, yaitu sebagai aroma terapi. Biasanya digunakan bagi pasien yang membutuhkan ketenangan dan perasaan rileks khusus.

12. Meningkatkan Nafsu Makan

Selain untuk mengontrol makan, daun mint ternyata juga dapat meningkatkan nafsu makan karena rasa yang diberikan daun mint ini sangat menetramkan dan memberikan efek nyaman bagi penikmatnya. Sehingga salah satu tujuan pemberian daun ini dalam bahan masakan untuk meningkatkan nafsu makan lebih tinggi.

13. Penambah Aroma Makanan

Nah ini dia sisi lain dari daun mint, anda dapat mencampurkan mint dalam masakan untuk menambah ciri khas dan aroma yang menyegarkan.

14. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Daun mint ternyata juga dapat menurunkan resiko seseorang terkena penyakit kanker, penelitian baru baru ini mengungkapkan bahwa ternyata mint mampu mengurangi resiko kanker usus besar. Sebab kandungan radikal bebas yang ada dalam tubuh mampu di netralisir dengan mint. Salah satu zat yang sangat berperan aktif disini adalah zat anti oksidan.

15. Menungjang Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Daun mint juga baik untuk gigi dan tulang, hal ini dikarenakan kandungan kalsium dan fosfor dalam daun mint. Meskipun dalam mint tidak banyak mengandung kalsium dan fosfor, namun setidaknya bisa sidikit membantu dalam hal pemenuhan.

16. Mengatasi Alergi

Anda alergi pada kulit? Ternyata daun mint sangat baik untuk mengontrol kondisi alergi pada kulit anda. Ia memiliki zat yang mampu mengontrol dan mematikan kondisi bakteri jahat serta jamur. Maka adanya control dari rasa allergen, bentuk gatal gatal yang timbul dari alergi jadi terkendali. 

17. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitmain E dan D pada daun mint sangat baik untuk kesehatan kulit kita. Dalam hal ini, di gunakan untuk membantu memperbarui kulit mati atau kulit yang sudah tidak baik. Selain itu manfaat dari asam salisilat yang sangat berguna dalam proses penggantian sel kulit yang sudah rusak. Sehingga kulit yang tumbuh setelahnya menjadi lebih sehat dan nampak segar.

18. Meringankan Mual dan Gangguan Pencernaan

Manfaat daun mint untuk ibu hamil adalah untuk meringankan mudal dan gangguan pencernaan. Mint dalam bentuk kapsul atau yang dibuat sebagai teh bisa meringankan mual dan gangguan pencernaan. Mint berpotensi memperlancar sistem pencernaan dan meringankan kejang perut. Mint memiliki efek anastesi ringan sehingga mampu menghilangkan rasa sakit pada perut. Sebuah penelitian di tahun 1997 yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Nursing menunjukkan efek mint sebagai obat anti mual pasca-operasi. Mint bisa digunakan sebagai pereda mual dan kram menstruasi dengan merelaksasi otot polos pada rongga perut.

19. Mengatasi Hidung Tersumbat

Daun mint juga bermanfaat untuk mengatasi hidung tersumbat, sudah ada banyak produk aroma terapi yang terbuat dari daun mint. Aroma mentol bisa membantu membuka saluran pernapasan karena mengandung anti-inflamasi. Sifat antibakteri daun mint juga membantu mengobati infeksi akibat serangan bakteri. Mint melonggarkan konstriksi bronkus pada penderita asma sehingga membantu memperlancar pernapasan. Untuk meredakan semua kondisi diatas, mint dapat diterapkan secara topikal atau diminum sebagai teh.

20. Meringankan Gejala Heartburn

Daun mint juga dapat meringankan gejala heartburn melalui sifat antispasmodic dan dengan meningkatkan aliran cairan pencernaan melalui sistem pencernaan, namun anda harus hati-hati karena dosis besar mint dapat memperburuk gejala sakit maag. Minumlah tidak lebih dari tiga atau empat cangkir teh mint setiap hari. Jangan pernah menelan minyak mint murni.

21. Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

Bau mulut? Pasti anda merasa tidak nyaman, apalagi lawan bicara anda, sangat tidak nyaman sekali rasanya. Nah, ternyata daun mint juga dapat menghilangkan bau mulut tidak sedap. Teh mint yang terbuat dari daun mint segar atau kering efektif menyingkirkan bakteri penyebab bau mulut. Mint juga akan menjaga mulut tetap lembab dengan merangsang produksi air liur.

22. Menghilangkan Jerawat

Daun mint juga anda gunakan untuk mengatasi jerawat yang membandel. Caranya yaitu campurkan daun mint dengan air mawar. Kemudian oleskan campurkan tersebut pada wajah yang berkerawat. Diamkan hingga beberapa menit kemudian bilas. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal Anda harus melakukan perawatan ini secara rutin.

23. Menyegarkan Kulit Kepala

Manfaat daun mint untuk kulit kepala juga sangat luar biasa, jika anda sering mengalami kulit kepala sumuk, panas dan gatal cobalah gunakan herbal daun mint. Efek kesegaran kulit kepala yang ada pada shampoo yang biasa kita gunakan biasanya menggunakan daun mint sebagai bahan dasarnya. 

Agar manfaatnya lebih optimal, anda bisa menggunakan daun mint secara langsung dengan cara mengambil beberapa lembar daun mint, remas hingga halus, kemudian aplikasikan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat. Kandungan mentol dalam daun mint mampu menyegarkan kulit kepala anda. Diamkan sekitar 20 menit, biarkan kandungan mentol meresap ke kulit kepala, kemudian bilas dengan air.

24. Menghidrasi Tubuh

Akibat udara panas, tubuh kita menjadi dehidrasi, meminum air daun mint adalah cara yang efektif untuk mendinginkan dan menghidrasi tubuh Anda

25. Mengatasi Kulit Kasar

Kulit anda kasar dan pecah-pecah? Gunakan daun mint untuk mengatasinya. Jika tumit Anda kasar cobalah atasi masalah ini dengan merendam kaki kaki ke dalam air hangat yang sudah dicampur dengan daun mint. Dengan cara ini kulit kasar yang ada di tumit bisa hilang secara berlahan.

26. Mengatasi Kutu Rambut

Daun mint ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi kutu di ramut. Caranya adalah dengan menggunakan minyak mint setidaknya 3-4 kali dalam seminggu. Selain mengurangi rasa gatal juga bisa menghilangkan kutu rambut.

27. Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Manfaat daun mint yang terakhir adalah untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Rasa gatal yang ditimbulkan gigitan nyamuk tersebut bisa dihilangkan dengan menempelkan daun mint di bagian yang digigit. 

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Tidak heran kalau daun mint banyak dicari saat ini. Itulah 27 manfaat daun mint yang sangat luar biasa. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian, jangan lupa jugau ntuk membagikan artikel ini dengna yang lainnya ya, agar yang lain juga bisa merasakan manfaatnya. Baca juga 16 Manfaat Daun Mangga
Share
 
Copyright © 2015. Manfaat Daunan.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License