35 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Manfaat Daun Binahong - Daun binahong? Mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian kita, padahal bisa jadi tanaman herbal yang satu ini ada dan tumbuh di sekitar kita. Karena memang, kita banyak tidak mengetahui nama herbal yang ada.

Tanaman binahong sendiri hidup menjalar, bisa di tembok, pohon atau kayu-kayu. Tanaman yang satu ini konon berasal dari negeri Ginseng Korea. Tanaman ini sudah dikonsumsi sebagai herbal sejak dahulu, karena memang ada banyak sekali manfaat daun binahong, baik itu untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat daun binahong ini sudah dikenal sejak dahulu dan dikonsumsi oleh masyarakat bangsa Tingkok, Taiwan, Korea, dll sebagai herbal untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Masyarakat China sendiri mengenal tanaman ini dengan sebutan Dheng San Chi.

Dalam bahasa latin, tanaman ini dikenal dengan nama Anredera cordifolia kalau di Inggris sendiri tanaman ini disebut madeira vine. Masyarakat Indonesia sendiri memiliki beberapa nama untuk tanaman binahong, seperti sunda:gandola; bali: gendola; minangkabau: lembayung; jawa: gedrek, genjerot, uci-uci; Madura: kandula; Sulawesi Utara: tatabuwe; Timor: kandola; gorontalo:poiloo. 
Telah banyak penelitian yang dilakukan, namun penelitian baru-baru ini daun binahong mengandung zat antioksidan flavonoid dan senyawa lainnya.

Kandungan Zat di Dalam Daun Binahong 

Berikut ini beberapa kandungan senyawa yang ada di dalam daun binahong yang perlu anda ketahui:
  • Zat antioksidan : Kandungan yang pertama adalah antioksidan yang bermanfaat untuk menagkal radikal bebas yang menyebabkan zat karsinogen memicu sel kanker.
  • Zat alkoloid : Selain antioksidan, daun binahong juga mengandung zat alkoloid yang bermanfaat untuk penderita diabetes, karena memiliki sifat hipoglikemik yang akan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
  • Saponin : Kandungan daun binahong selanjutnya adalah saponin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang menyehatkan jantung. Berbagai macam manfaat dan binahong inilah, yang banyak menjadikan daun bunahong untuk alternatif penobatan berbagai penyakit.

Ciri-Ciri Daun Binahong

Ada beberapa ciri-ciri tanaman binahong yang bisa anda kenali, yaitu   tanaman yang berupa tumbuhan menjalar, panjangnya bisa mencapai lebih dari 10 m. Akar yang bentuknya rimpang, berdaging lunak. Batang lunak, silindris, saling membelit, berwarna keerahan, bagian dalam solid, permukaan halus, jika tanaman sudah tua batangnya akan berubah warna putih kusam dan sedikit mengeras. Panjang dan cabang dapat mencapai 20-30 m dan diameter pangkal batang dapat mencapai 3,5 cm pada tanaman umur 3 tahun, membentuk semacam umbi atau rimpang yang melekat di ketiak daun dengan bentuk yang tak beraturan dan berteksur kasar. 
Manfaat Daun Binahong
Manfaat Daun Binahong
Daun keluar dari setiap buku pada batang, berdaun tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang daun antara 5-13 cm, lebar antara 3-10 cm, tebal daun 0,1-0,2 mm dan panjang tangkai daun antara 1-3 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan sedikit licin, dan dapat dimakan.
Selain itu, tanaman yang satu ini khususnya pada bagian daun memiliki kadar air yang tinggi, untuk bunganya sendiri  keluar dari ketiak daun pada setiap ranting, setiap tangkai bunga akan keluar antara 40-60 kuntum bunga yang berwarna putih dengan ukuran bunga yang kecil, mahkota berwarna krem keputih-putihan yang berjumlah lima helai tidak bertekan, bunga yang majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, panjang helai mangkota 0,5- 1 cm, berbau harum. 
Bunga akan muncul pada tanaman yang telah berumur sekitar 2,5-3 tahun. Umbi keluar dan setiap ketiak misalnya bulu yang panjang sekitar 1-3 mm. Umbi akan muncul pada tanaman yang telah berumur sekitar 2 bulan lebih.Kulit umbi yang warnanya hijau kecoklatan dan daging umbi yang berwarna putih, panjang umbi antara 5-17 cm dan berdiameter antara 1-4 cm. Perbanyakan generatif (biji), namun lebih sering berkembang atau dikembangbiakan secara vegetatif melalui akar rimpangnya. (Info dari: Wartai Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat)
Manfaat Daun Binahong
Manfaat Daun Binahong

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ini manfaat daun binahong yang sangat luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita:

1. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Maag

Penyakit maag saat ini sangat banyak diderita oleh anak-anak muda, terutama mereka yang memiliki kesibukan ekstra. Karena pekerjaan atau kuliah yang terlalu padat sehingga waktu makan sering terlewat dan makan menjadi tidak tertarut.
Kondisi tersebut dapat membuat seseorang terkena penyakit maag. Jika anda sudah terlanjur terkena penyakit maag, anda bisa meramu daun binahong untuk mengobatinya. Caranya yaitu pertama siapkan 10 lembar daun binahong, cuci bersih kemudian rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih.

Setelah mendidih ambil air hasil rebusan kemudiandiminum 3 kali sehari. Atau dengan membuat jus dari 10-15 lembar daun binahong dengan menambahkan 1/2 gelas atau 100-200 ml air.

2. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Bengkak Kandung Kemih

Khasiat daun binahong yang kedua adalah untuk mengobati bengkak kandung kemih. Caranya yaitu:silahkan rebus 10 lembar daun binahong dan 5 g daun kumis kucing bersama dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa sekitar 3 gelas. Minum air rebusan tersebut untuk satu hari. Lakukan setiap hari. 

3. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Gagal Ginjal

Anda menderita gagal ginjal? Ginjal merupakan organ vital yang rentan terkena gangguan akibat makanan atau obat-obatan yang kita konsumsi mengandung bahan kimia secara terus menerus. Anda bisa mengobati gagal ginjal dengan meramu tanaman yang satu ini. Caranyarebuslah 10-15 lembar daun binahong ke dalam 1 gelas air hingga mendidih. Minum hasil air rebusan tersebut tiga kali sehari (maksimal empat kali) sebelum makan. 

4. Manfaat Daun Binahong untuk Kanker Ginjal

Selain bermanfaat untuk mengobati gagal, daun binahong juga bermanfaat untuk mengobati kanker ginjal. Caranya yaitu pertama siapkan 15 gr daun binahong kemudian rebus dengan 15 g daun keladi tikus dalam 5 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Hasil air rebusan tersebut ditambahkan gula aren secukupnya. Minum ramuan tersebut setiap hari. 

5.  Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Batuk/Muntah Darah

Batuk/muntah darah juga bisa diobati dengan menggunakan ramuan herbal daun binahong. Caranya yaitu rebuslah 10 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih dan tersisa 1 gelas. Hasil rebusan diminum setiap hari. 

6. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Kencing Manis

Kencing manis atau diabetes juga dapat diobati dengan menggunakan ramuan herbal daun binahong. Caranya yaitu pertama siapkan sekitar 11 lembar daun binahong, rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari. 

7. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Radang Ginjal

Daun bianhong juga bermanfaat untuk mengobati radang ginjal. Caranya yaitu sediakan sekitar 7 lbr daun binahong kemudian rebus ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari. 

8. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Patah Tulang

Anda mengalami patah tulang? Daun binahong juga bermanfaat untuk mengobatinya dari dalam. Carnaya yaitusediakan 10-20 lembar daun binahong, rebus dalam 3 gelas air yang bersih hingga tersisa 1 gelas. Kemudian minum hasil rebusan air tersebut setiap hari.

9. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Darah Rendah 

Khasiat daun binahong selanjutnya adalah untuk mengobati darah rendah. Caranya yaiturebus 8 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Paru-Paru/Bolong

Daun binahong juga bermanfaat untuk mengobati penyakit paru-paru/paru-paru bolong, caranya rebus 10 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari. 

11. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Gegar Otak Ringan/Berat

Khasiat daun binahong yang tidak kalah luar biasanya adalah untuk mengobati geger otak ringan juga berat. Caranya siapkan 10 lembar daun binahong direbus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa segelas. Hasil rebusan tersebut diminum setiap hari

12. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Luka Bakar

Khasiat daun binahong selanjutnya adalah untuk mengobati luka bakar. caranya yaitu rebus 10 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa segelas. Hasil rebusan air tersebut diminum setiap hari. 

13. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Ambeien Berdarah

Ambeien berdarah juga dapat diobati dengan memanfaatkan daun binahong. Caranya yaiturebus 16 lembar daun binahong dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan air tersebut di konsumsi setiap hari. 

14. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Hidung Mimisan

Jika anda mimisan, gunakanlah daun binahong untuk mengatasinya. Caranya yaitu sediakan 4 lembar daun binahong yang direbus ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.

15. Manfaat Daun Binahong untuk mengatasi  Disentri

 Saat anda terserang disentri, gunakan daun binahong untuk mengobatinya. Caranya yaitu rebus 10 lembar daun binahong dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong dalam mengobati buang air besar diminum setiap hari.

16. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Gusi Berdarah

Gusi berdarah merupakan salah indikator bahwa anda kekurangna vitamin C, naha adna bisa memanfaatkan daun binahong untuk mengatasinya. Caranya yaitu rebus 4 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas air. Hasil air rebusan tersebut diminum setiap hari.

17. Manfaat Daun Binahong untuk Menjaga Stamina Tubuh

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah untuk menjaga stamina tubuh anda, terutama anda yang sering beraktivitas berat. Caranya yaitu rebus 1 lembar daun binahong yang direbus ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan tersebut diminum setiap hari.

18. Manfaat Daun Binahong untuk Melancarkan Haid

Masalah telat datang bulan atau datang bulan tidak lancar sering dialami oleh remaja bahkan orang dewasa. Darah kotor yang seharusnya keluar tidak keluar dengan baik bahkan sering terlambat, tentu ini akan mengakibatkan tubuh kita menyimpan penyakit.
Nah, anda bisa memanfaatkan daun binahong untuk mengatasinya. Caranya yaitu siapkan 3 lembar daun binahong kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

19. Manfaat Daun Binahong untuk Pasca Operasi atau Habis Bedah

Treatment pasca operasi juga penting dilakukan agar sayatan luka cepat sembuh. Anda bisa mengkonsumsi herbal daun binahong, caranya yaitu rebus 20 lembar daun binahong ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong diminum setiap hari.

20. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati pasca Kecelakaan

Pasca kecelakanaan, anda bisa memanfaatkan daun binahong agar luka cepat kering dan sembuh. Caranya yaitu rebus 1 lembar daun dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong diminum setiap hari.

21. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Borok Akut (Menahun)

Borok akut juga bisa dibasmi dengan memanfaatkan rebusan daun binahong. Caranya yaitu siapkan 12 lembar daun binahong kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Air dari daun binahong diminum setiap hari.

22. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Sesak Nafas

Anda mengalami sesak nafas? Coba atasi dengan merebus daun bianhong. Caranya yaitu rebus 7 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hinga tersisa 1 gelas. Air hasil rebusan daun binahong tersebut diminum setiap hari.

23. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Gatal-Gatal Eksim Kulit

Gatal-gatal eksim juga bisa diobati dengan daun binahong, caranya yaitu rebus 10-15 lembar daun binahong ke dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 2 gelas. Air hasil rebusan diminum setiap hari.

24. Manfaat Daun Binahong untuk Mengatasi Jerawat

Jerawat mungkin terlihat sepele, namun ternyata ssangat menggangu penampilan kita. Atasi jerawat membandel dengan menggunakan rebusan daun binahong. Caranya yaitu rebus  8 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas air. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari. atau dengan cara membuat masker obat jerawat dengan daun binahong yaitu menggunakan 5 lembar daun binahong, oleskan ke wajah secara merawat pada jerawat, lakukan sebelum tidur secara beberapa kali hingga kulit menjadi halus.

25. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Usus Bengkak

Usus bengkak juga bisa diatasi dengan menggunakan daun binahong. Caranya yaitu rebus 3 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

26. Manfaat Daun Binahong untuk Menambah Nafsu Makan

Nafsu anda tiba-tiba hilang? Atau anak anda kurang doyan makan? Cobalah untuk mengkonsumsi rebusan daun binahong. Cara membuat ramuannya yaitu rebus 5 lembar daun binahong dengan 2 gelas yang direbus hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

27. Manfaat Daun Binahong untuk Menghangatkan Tubuh

Daun binahong juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, caranya yaitu rebus 5 lebar daun binahong ke dalam 2 gelas air hingga bersih dan tersisa 1 gelas air. Hasil rebusan air binahong diminum setiap hari.

28. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Lemah Syahwat

Nah, masalah ini tidak jarang dialami oleh pria, terutama mereka yang perokok aktif serta yang sudah mulai menua. Caranya yaitu sediakan 3-10 lembar daun binahong, kemudian rebus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

29. Manfaat Daun Binahong untuk Pasca Melahirkan

Ibu yang baru saja melahirkan dianjurkan untuk mengkonsumsi air rebusan daun binahong agar cepat pulih. Cara membuat ramuannya yaitu sediakan 7 lembar daun binahong, kemudian cuci bersih lalu rebus dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

30. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Asam Urat

Manfaat daun binahong yang tidak kalah luar biasanya untuk mengobati asam urat. Cara membuat ramuannya yaitu rebus 5 lembar daun binahong, ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air. Minum secara rutin setiap harinya.

31. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Terkena Benda Tajam

Daun binahong juga bisa membuat luka bekas benda tajam menjadi cepat sembuh. Caranya yaitu rebus 1 lembar daun binahong dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong diminum setiap hari.

Manfaat Daun BInahong yang Lainnya

  • Menjaga sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah stroke
  • Mengobati gangguan sakit kepala
  • Mengurangi arhritis

Penting: Efek Samping/Kontraindikasi Daun Binahong

Perlu sama-sama diketahui agar anda tidak mengkonsusmi rebusan daun binahong dengan stimulan lainnya, misalnya kafein, karena dapat mengakibatkan meningkatkan kemungkinan memiliki efek samping. Bagi ibu hamil dan menyusi daun binahong tidak aman maka jangan gunakan. Selain itu, binahong juga menyebabkan nyeri dada (angina) lebih buruk karena merangsang hati. Oleh karena itu, penderita masalah angina sebaiknya tidak mengonsumsinya.
Demikianlah beberapa manfaat daun binahong yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar semakin bermanfaat lagi. Baca juga 39 Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami
Share
 
Copyright © 2015. Manfaat Daunan.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License