12 Manfaat Daun Sukun untuk Mengobati Asam Urat, Ginjal, Jantung, Liver sampai Sakit Gigi

Manfaat Daun Suku -Tanaman sukun selama ini yang banyak dimanfaatkan adalah bagian buahnya. Biasanya dimanfaatkan untuk diolah menjadi aneka makanan ringan, gorengan, kue dan lain sebagainya. Karena memang, buah sukun memiliki rasa dan tekstur yang khas mirip seperti ubi.

Belum banyak orang yang mengetahui bahwa daun sukun memiliki banyak khasiat untuk keseharan. Bahkan manfaat daun sukun tidak tanggung-tanggung, bisa mengobati berbagai penyakit kronis seperti ginjal atau diabetes.

Tidak hanya itu, manfaat daun sukun yang tidak bisa dipandang sebelah mata selanjutnya seperti untuk mengobati asam urat, penyakit ginjal sampai sakit gigi. Wah sangat dahsyat sekali bukan. Tanaman dengan nama Latin Artocarpus altilis (keluarga Moraceae) ini bentuknya mirip dengan durian durian dan buah nangka, kalau bagian dalamnya mirip dengan ubi.
Manfaat Daun Sukun

Kandungan Daun Sukun

Manfaat daun sukun tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya, beberapa senyawa yang terdapat di dalam sukun yang bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit kronis diantarnaya seperti polifenol, asam hidrosionat, tannin, quercetin dan artoindosionin. Senyawa ortoindonesionin dan quercetin merupakan kelompok senyawa turunan flovonoid yang berfungsi sebagai zat antioksidan dan banyak digunakan sebagai komponen aktif dalam obat-obatan. 

Pantas saja ada banyak manfaat daun suku untuk kesehatan, kandungan senyawa kimia di dalamnya bisa dibileh cukup kompleks. Nah, berikut ini beberapa penyakit yang bisa diobati dengan mengolah daun sukun:

1. Daun Sukun Obat Penyakit Ginjal 

Manfaat daun sukun yang pertama adalah untuk mengobati penyakit ginjal. Daun suku mengandung saponin, polifenol, asam hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol ini sangat. Kalium membuat batu ginjal berupa Ca-oksalat tercerai-berai. Endapan batu ginjal akhirnya larut keluar bersama urine.

Meski belum terbukti secara ilmiah, penggunaan daun sukun untuk penderita penyakit ginjal menunjukkan indikator perbaikan kondisi. Perbaikan kondisi tersebut berupa hilangnya pembengkakan dan berkurangnya kandungan protein dalam urine. Bahkan, kandungan protein dalam urine pada beberapa orang testimoni pengguna teh daun sukun menunjukkan nilai yang negatif.

Caranya minum rebusan daun secara teratur. Jangan lupa untuk memilih daun terbaik yaitu segar, tidak berlubang, bersih dari kotoran.

2. Mengobati Asam Urat 

Manfaat daun sukun yang berikutnya adalah untuk mengobati asam urat. Caranya yaitu dengan mencampur segenggaman daun sukun yang telah dikeringkan dan menyeduhnya dengan air mendidih ditambah dengan gula batu atau madu untuk mengurangi rasa pahit yang ditimbulkan dari getah daun sukun.

Selain daunnya, buah sukun juga memiliki manfaat untuk kesehatan khususnya untuk diet kalori. Karena, pada buah sukun mengandung kalori rendah dibandingkan dengan beras. “Tetapi kandungan vitaminnya juga lengkap, jadi makan sukun sama saja makan-makanan bervitamin,” kata Ning.

3. Mengobati Sakit Jantung

Khasiat daun sukun yang berikutnya adalah untuk mengobati sakit jantung. Hal ini berdasarkan Pusat Penelitian Kimia LIPI bersama dengan pakar peneliti lainnya, ternyata diketahui bahwa ekstrak daun sukun (Artocarpus altilis) mengandung flavonoid dan sitosterol yang berkhasiat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
Menurut DR. Tjandrawati M. Ozef dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan, uji khasiat baik secara in vitro ( menggunakan media) maupun in vivo (melibatkan sel hidup) terhadap ekstrak tanaman tersebut telah menunjukkan hasil sangat baik.

Caranya: rebus bersama lima gelas air mendidih sampai airnya tinggal separuh. Tambahkan air lagi hingga mencapai volume lima gelas. Manfaat Air rebusan daun sukun ini hanya bertahan satu hari jadi harus dihabiskan hari itu juga dengan kata lain tidak bisa disimpan untuk besok.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Anda memiliki kadar kolsterol yang tinggi? Daun sukun bisa anda olah untuk mengatasinya. Caranya yaitu dengan mengkonsmsi teh daun sukun. Pada bagian akhir akan dijabarkan cara membuatnya.

5. Mencegah Inflamasi dan Peradangan

Daun sukun juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan dan inflamasi. Caranya yaitu siapkan 1 lembar daun sukun yang sudah tua, lalu cuci daun sukun tersebut sampai bersih, kemudian rebus daun sukun dengan menggunakan 5 gelas air. Setelah air mendidih dan juga air rebusan trersebut tersisa menjadi separuhnya, kemudian tambahkan kembali air, saring air daun sukun tersebut dan siap untuk diminum langsung, minum lah dengan rutin.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun sukun juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Sudah banyak penelitian yang membuktikan khasiat daun sukun ini untuk kesehatan. Caranya yaitu: siaplan 3 lembar daun berwarna hijau tua, usahakan yang masih menempel di dahan pohon. Bersihkan di air mengalir, rajang kemudian jemur sampai kering. Siapkan juga wadah lalu isi air bersih dua liter. Usahakan wadah tersebut terbuat dari gerabah tanah liat, tapi jika tidak ada bisa menggunakan panci stainless steel. Rebus daun sukun kering tadi dalam wadah yang sudah disiapkan.

Tunggu hingga airnya tinggal separuh. Selanjutnya tambahkan air bersih satu liter dan rebus lagi sampai separuh. Dinginkan, minum secara teratur setiap hari untuk mengobati diabetes serta menurunkan kadar kolesterol darah.

7. Mengobati Penyakit Liver 

Duan sukun juga bermanfaat untuk mengobati penyakit liver. Liver atau hati memiliki peran yang sangat vital untuk menetralkan racun dalam tubuh. Nah, jika hati kita bermasalah maka racun tidak dapat dinetralkanmaka racun tersebut akan masuk dan menyebar keseluruh tubuh tanpa dinetralkan.Carnaya yaitu: Daun sukun kering yang sudah direbus dan dijadikan dalam bentuk teh bisa bermanfaat untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan hati.

8. Mengobati Alergi 

Anda mengalami alergi seperti gatal-gatal di tangan, kaki, atau wajah? Pada dasarnya, alergi disebabkan karena tubuh tidak bisa membentuk hormon dan enzim yang membuat sistem anti alergen untuk tubuh. Akibatnya maka tubuh mengalami beberapa kegagalan sistem dalam membuat kekebalan pada zat tertentu.

Mengkonsumsi daun sukun kering sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah alergi. Saat terapi sebaiknya juga menghindari berbagai pemicu alergi dan mulai mensimulasi tubuh ketika sudah mendapatkan efek dari pemakaian daun kering.

9. Mengobati Penyakit Pembesaran Limpa

Daun sukun juga bisa kita manfaatkan untuk mengobati penyakit pembengkakan limpa. Pembengkakan limpa sendiri disebabkan oleh tubuh terlalu banyak menampung racun. Enzim dan hormon dalam tubuh mengalami kerusakan dan berbagai macam makanan yang buruk membuat limpa tidak bisa berfungsi dengan baik.

Manfaat daun sukun kering memiliki fungsi sebagai anti racun dan untuk detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Daun sukun kering yang sudah dibuat menjadi teh akan efektif dalam menyembuhkan penyakit ini.

10. Mengobati Sakit Gigi

Daun sukun juga bisa kita manfaatkan untuk mengobati sakit gigi yang kita alami. Sakit gigi sendiri bisa disebabkan oleh bakteri dan kuman yang menumpuk pada lubang gigi. Manfaatkan daun sukun kering sebagai anti racun. Racun tersebut dapat membunuh semua kuman dan bakteri pada lubang gigi. Berkumur dengan teh dari rebusan daun sukun kering akan membuat efek menenangkan untuk rasa sakit dan membuat sakit gigi tidak sering kambuh.

11. Anti Pendarahan

Sukun juga berkhasiat untuk mengatasi penderahan. Kasus yang paling sering terjadi adalah untuk mengobati pendarahan pada ibu yang baru saja melahirkan. Hal ini disebabkan karena senyawa kimia dalam manfaat daun sukun kering bisa melancarkan sistem pembuluh darah dan menghentikan darah encer sehingga bisa menghentikan pendarahan. Minum tiga kali sehari bagi ibu yang mengalami pendarahan akan menghentikan pendarahan dan membuat kesehatan cepat pulih.

12. Menangkal Pembentukan Sel Kanker

Manfaat daun sukun yang terakhir adalah untuk mencegah penyakit kanker. Daun sukun bisa  menurunkan resiko kanker dan menyembuhkan kanker maka rebusan daun sukun kering bisa menjadi pengganti kemoterapi. Manfaat Antioksidan pada daun sukun kering sangat tinggi dan bisa mengatasi masalah kanker.

Cara Pengolahan Daun Suku Menjadi Teh

Berikut ini cara pengolahan daun sukun untuk dijadikan sebagai teh:
Waktu penyajian
Total waktu:
Resep untuk : 1 porsi
Bahan-bahan
  • 2 lembar daun sukun
  • 3 liter air bersih
  • Gula atau madu
Cara mengolahnya :
  1. Ambil daun yang berwarna kungin langsung dari pohonnya, potong-potong lalu jemur hingga kering.
  2. Rebus dengan 2 liter air hingga tersisa setengahnya saja (tersisa 1 liter air), matikan api.
  3. Setelah didiamkan beberapa saat, tambahkan lagi 1 liter air hingga air rebusan daun sukun kembali menjadi 2 liter.
  4. Rebus beberapa waktu hingga mendidih. Matikan api dan tunggu hingga hangat.
  5. Air teh daun sukun yang dihasilkan berwarna kemerahan, rasanya sedikit pahit dan cenderung tidak berbau.
  6. Cara meminumnya bisa ditambahkan madu atau gula secukupnya sebagai perasa.
  7. Jika ingin menyimpannya, simpan di botol kaca atau plastik kemudian masukkan ke lemari pendingin.
Catatan :
Teh daun sukun berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, menyembuhkan penyakit kardiovaskular, bersifat anti-inflamasi sehingga berguna mencegah penyakit peradangan.
Bagaimana? Ternyata sangat luar biasa sekali bukan? Sangat disayangkan sekali kalau daun sukun yang memiliki segudang khasiat ini harus rontok begitu saja tanpa kita manfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit kronis seperti di atas. Jangan lupa juga untuk membagikan info seputar manfaat daun sukun ini kepada yang lainnya.
Share
 
Copyright © 2015. Manfaat Daunan.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License