16 Manfaat Daun Mengkudu untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Wajib Diketahui

Manfaat Daun Mengkudu - Tanaman mengkudu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Mengkudu atau juga dikenal dengan nama buah pace ini sudah terbukti dan teruji secara klinis dapat mengobati berbagai gangguan kesehatan.

Bahkan sudah ada banyak produk kesehatan yang menggunakan buah mengkudu sebagai bahan dasarnya. Ternyata selain buahnya yang berkhasiat, daun mengkudu juga bisa kita manfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Ada banyak manfaat daun mengkudu yang mesti kita ketahui.

Daun tanaman yang memiliki nama Latin Bancudus Latifolia Rumph ini mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi serta berbagai enzim, vitamin A, selenium dan nutrisi lainnya. Tidak heran kalau ada banyak manfaat daun mengkudu yang bisa kita peroleh dengan membuatnya sebagai jamu herbal atau teh yang diseduh.
Manfaat Daun Mengkudu untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Daun Mengkudu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Mengkudu

Kali ini Manfaatdaunan akan berbagi informasi seputar manfaat daun mengkudu untuk kesehatan dan kecantikan alami, berikut ini diantaranya

Manfat Daun Mengkudu untuk sebagai Anti kanker

Manfaat daun mengkudu yang pertama adalah sebagai zat anti kanker. Menurut sunfoods.com, dengan mengkonsumsi teh mengkudu maka penyakit yang berbahaya ini dapat dicegah sejak dini. Daun mengkudu mengandung senyawa antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya Anda mengkonsumsi teh mengkudu secara rutin dan teratur.
Senyawa xeronine yang adai di dalam mengkudu dapat meningkatkan kesehatan struktur sel dan regenerasi.
The American Cancer Society melaporkan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang ada untuk mendukung klaim tersebut namun, beberapa studi penelitian menunjukkan korelasi antara senyawa dalam mengkudu, terhadap pembentukan tumor kanker.

Manfat Daun Mengkudu untuk Memperlancar sirkulasi darah

Manfaat daun mengkudu yang kedua adalah dapat memperlancar peredaran darah. Hal ini dikarenakan kandungan fitonutrien seperti scopoletin yang terdapat di dalamnya bermanfaat untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi teh daun mengkudu secara rutin maka akan membantu kinerja jantung sehingga tidak perlu bekerja terlalu keras.

Manfat Daun Mengkudu untuk Kulit

Daun mengkudu juga berkhasiat untuk menjaga agar kulit tetap elastis dan juga tetap sehat. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang sangat tinggi di dalamnya. Selain antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, juga ada selenium yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit secara alami. Antioksidan berperan penting dalam melawan radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit. Mengkonsumsi teh daun mengkudu secara rutin bisa menekan resiko penuaan dini.

Manfat Daun Mengkudu sebagai Anti inflamasi

Manfaat daun mengkudu selanjutnya adalah sebagai anti inflamasi yang berperan penting dalam mencegah terjadinya peradangan dan resiko serangan jantung. Selain itu daun mengkudu juga berkhasiat dalam meminimalisir tekanan darah tinggi dan kencing manis.

Manfat Daun Mengkudu untuk Pencernaan

Daun mengkudu juga bermanfaat untuk memperlancar saluran pencernaan. Hal ini karena kandungan senyawa pada daun mengkudu akan menstimulasi serotonin dari dalam otak. Serotonin berperan penting dalam mengatur laju makanan di dalam usus dan mengatur sistem pencernaan.

Manfat Daun Mengkudu untuk Mengatasi Jerawat Batu

Anda memiliki masalah dengan jerawat batu? Daun mengkudu bisa anda manfaatkan untuk mengatasinya. Caranya yaitu
  1. Gunakan daun mengkudu yang berada dipucuk pohon kemudian cuci bersih
  2. Tumbuk halus daun dengan tambahkan manfaat minyak zaitun secukupnya dan sedikit garam
  3. Aduk rata bahan tersebut dan siapkan digunakan
  4. Sebelum digunakan, hilangkan nanah jerawat dengan memencet jerawat menggunakan jari tangan jangan menggunakan kuku.
  5. Besihkan muka dengan air hangat kemudian keringkan
  6. Bubuhkan ramuan pada jerawat yang telah dihilangkan nanahnya
  7. Tunggu beberapa saat agar ramuan meresap pada kulit
  8. Bersihkan muka setelah proses peresapan ramuan ke kulit selesei
Lakukan perawatan diatas secara rutin sampai bekas jerawat hilang dari wajah.

Manfat Daun Mengkudu untuk Mengatasi Arteriosklerosis

Selanjutnya, daun mengkudu juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya arteriosklerosis (penyempitan / pengerasan pembuluh nadi) dengan menghambat oksidasi lipoprotein yang menyebabkan penyumbatan pada pembuluh arteri. Sifat antioksidan yang terdapat dalam daun mengkudu dapat melindungi sel-sel jantung dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, karena itu daun mengkudu juga dikatakan sangat baik bagi kesehatan jantung. Namun karena belum adanya bukti dari uji klinis yang dilakukan, maka pengawasan dari dokter tetap diperlukan untuk dosis yang tepat dan tidak berlebihan.

Manfaat Daun Mengkudu yang Lainnya

Berikut ini beberapa manfaat daun mengkudu lainnya, yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi herbal mengkudu atau teh mengkudu:
  • Mengatasi alergi. hal ini terkait dengan timbulnya ruam pada kulit, gatal, dan lain-lainnya yang disebabkan oleh alergi.
  • Menghentikan diare, terkait dengan sistem pencernaan. Jadi sangat baik dikosumsi orang yang lagi mencret guna menghentikan dan mempercepat penyembuhan
  • Mengeluarkan cacing dalam tubuh. Umum digunakan dalam mengobati cacingan pada anak kecil yang masih dalam masa pertumbuhan.
  • Mengatasi mual dan perut kembung. Hal ini karena daun mengkudu juga bersifat menghangatkan
  • Mengeluarkan racun dalam tubuh. Fungsi ini karena organ hinjal lebih sehat serta proses pencernaan sari makanan menjadi lebih lancar.
  • Mencegah oateoporosis atau pengeroposan tulang. Sangat baik untuk menjaga kesehata tulang dan gigi, terutama pada daerah persendian.
  • Melancarkan Haid yang tidak lancar pada kaum wanita. Sehingga proses menstruasi menjadi lebih teratur.
  • Mencegah hipertensi karena daun mengkudu juga baik dalam mengembalikan sirkulasi darah. Sehingga peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar
  • Sebagai anti-oksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan menjaga stamina tubuh karena sistem imun yang kuat
  • Bersifat sebagai anti-bakteri yang ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri pada kulit sehingga juga terbilang ampuh dalam mengatasi jerawat

Cara Mengolah Daun Mengkudu

Untuk mendapatkan manfaat seperti di atas, anda bisa mengolahnya menjadi jamu herbal atau teh yang bisa anda seduh, berikut ini caranya
  • Teh - anda bisa menyeduh daun mengkudu muda yang sudah dikeringkan. Tambahnkan sedikit garam dan langsung diminum dalam keadaan hangat.
  • Jamu herbal - Ramuan ini biasanya bisa ditambahkan dengan bahan pendamping. Contoh ialah pucuk daun mengkudu dan temulawak. Tumbuk hingga halus dan rebus dengan menambah air secukupnya. Saring dan tambahkan sedikit garam dapur sebelum dikonsumsi.
Bagaimana? Sangat banyak sekali manfaat daun mengkudu bukan? Sayang sekali kalau sebanyak itu manfaat daun mengkudu tidak kita ambil, murah dan gratis lagi. Baca juga 35 Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui
Share
 
Copyright © 2015. Manfaat Daunan.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License