14 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Daun Katuk - Daun katuk bagi sebagian orang mungkin diabaikan begitu saja, padahal daun ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Daun katuk atau katu dalam bahasa Latin dikenal dengan sauropus androgynus merupakan tanaman sayur yang masih termasuk suku menir-meniran (phyllantheae), dan masih berkerabat dengan tumbuhan menteng, buni, dan cermai. Tumbuhan ini juga termasuk dalam tibus phyllanteae dan subtibus flueggeinae

Salah satu manfaat daun katuk yang sangat luar biasa adalah untuk mencegah kita dari kekeroposan tulang atau osteopororsis. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang cukup tinggi yang terdapat di dalamnya. 
14 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui
Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat daun katuk untuk kesehatan lainnya, berikut ini adalah 14 diantaranya:

1. Manfaat Daun Katuk untuk Menyehatkan Tulang

Manfaat daun katuk yang pertama adalah untuk kesehatan tulang kita. Duan ini sangat baik untuk mencegah tulang kita dari kekeropposan. Kandungan kalsium dalam daun katuk sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang kita. 

Cocok untuk dikonsumsi oleh kaum perempuan yang tidak ingin terkena osteoporosis.  kalsium hingga 2,8%, besi kalium

2. Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Menyusui

Nah ini dia salah satu manfaat daun katuk yang sangat terkenal, daun katu bermanfaat untuk ibu hamil atau yang sedang menyusui. Duan ini terbukti ffektif dapat melancarkan ASI bagi ibu yang tengah menyusui. Senyawa minyak esensial (saponin, flavooid, tanin, triterpenoid) sejumlah asam amino, vitamin a, b, dan c, mineral (kalsium, fosfor, zat besi) serta tujuh senyawa aktif lainnya.

3. Manfaat Daun Katuk untuk Pria

Manfaat daun katuk untuk pria juga sangat baik, karena terbukti dapat menambah produksi sperma, hal ini disebabkab kandungana fitokimia dalam daun katu yang mampu meningkatkan produksi sperma dan meningkatkan kesuburan para pria. Daun ini memiliki zat aktif yang mampu merangsang sintesis hormon steroid seperti progestron, dan testoteron sehingga membangkitkan vitaslitas seksual, dan memacu kualitas dan kuantitas sperma.

4. Manfaat Daun Katuk untuk Influneza

Duan katuk juga baik untuk penderita influenza, hal ini dikarenakan daun ini mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza. 

5. Manfaat Daun Katuk untuk Anemia

Daun katuk juga bermanfaat untuk mengatasi anemia, hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang cukup tinggi tentunya dapat mengatasi gejala pemyakit anemia.

6. Manfaat Daun Katuk untuk Mata

Menyehatkan mata, kandungan betakarotin yang tinggi dan vitamin a yang di percaya membantu mencegah gangguan mata.

7. Manfaat Daun Katuk untuk Imunitas Tubuh 

Daun katuk juga berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita, karena kandungan vitamin C di dalamnya mampu membuat daya tahan tubuh Anda meningkat. Sama halnya dengan cara pemakaian daun katuk diatas, Anda bisa memasak daun katuk menjadi sayur atau oseng-oseng.

8. Manfaat Daun Katuk untuk Darah Kotor

Untuk mengatasi darah kotor pada perempuan, Anda bisa menggunakan daun katuk agar sirkulasi darah Anda lancar dan tidak ada darah kotor yang terdapat pada sistem reproduksi wanita. Anda bisa mengkonsumsi daun katuk dengan memasaknya menjadi sayuran.
9. Sebagai Sumber Kalsium
10. Terdapat tujuh senyawa aktif yang merangsang produksi hormon-hormon steroid dan senyawa eiksonoid
11. Daun katuk juga kaya akan vitamin a, b1 dan c. Senyawa fitokimianya seperti tanin, saponin, dan alkaloid papaverin berpotensi sebagai bahan obat alami.
12. Daun katuk dapat mengandung hampir 7% protein dan serat kasar sampai 19%. Daun ini juga kaya akan vitamin K. Selain pro-vitamin a (beta karoneta), b, dan c.
13. Kandungan kalori, protein dan karbohidrat daun katuk hampir setara dengan manfaat daun pepaya dan manfaat daun singkong. Sedangkan kandungan zat besi dan proteinnya lebih tinggi dari pada kedua jenis daun tadi.
14. Kalsium yang sangat rendah dapat menyebabkan naikknya tekanan darah tinggi. Untuk mengatasinya, cobalah mengkonsumsi daun katuk yang cukup baik kadar kalsiumnya.

Efek Samping Duan Katuk

Nah, selain manfaat yang sangat luar biasa, daun ini juga memiliki efek samping berupa keracunan papaverin. Daun katuk yang dikonsumsi sebagai sayuran pelancar ASI ini belum pernah di uji laboratorium di Indonesia, apakah memberikan dampak negatif atau tidak. Tetapi sebagaimana ditulis dalam situs wikipedia.org bahwa daun katuk mengandung papaverina, yaitu suatu alkaloid yang juga terdapat pada candu (opium). Jadi, mengkonsumsi daun katuk secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti keracunan papaverin
Share
 
Copyright © 2015. Manfaat Daunan.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License