41 Manfaat Daun Sambiloto untuk Mengobati Disentri, Tifoid, Diare, Radang Paru, Tenggorokan dsb

Manfaat daun sambiloto - Selamat datang di web yang mengulas aneka manfaat daun untuk kesehatan dan kecantikan. Di website ini kami akan membagikan hal-hal yang berkaitan dengan khasiat daun secara alami. Sebagaimana kita ketahui bahwa nenek moyang kita dahulu menggunakan ramuan herbal untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, dan ternyata terbukti lebih ampuh dari pengobatan medis dan sebagainya.

Nah, ada banyak sekali tanaman herbal yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi penyakit yang kita derita, salah satunya adalah manfaat daun sambiloto yang terbukti mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan tubuh kita. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman herbal yang satu ini. Namun bagi anda yang belum terlalu akrab dengan tanaman ini, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan tanaman yang memiliki nama Latin Andrographis Paniculata Ness.

Tanaman sambiloto hidup secara liar di alam, kita biasanya bisa menemukan tanaman ini di kebun, pinggir sungai, lahan kosong dan sebagainya, tanaman ini juga sering dijadikan sebagai pakan ternak. Ternyata kandungan nutrisi daun sambiloto sangat banyak, sehingga menjadikan tanaman ini banyak memiliki khasiat untuk kesehatan. 


Kandungan nutrisi di dalamnya antara lain: laktone dan flavonoid. Laktone di peroleh dari daun dan cabangnya, masing-masing mengandung deoxyandrographoldieandropraholide (zat pahit), 14-deoxy-n12-didehydroandrographolide, dan homoandrographolide. Terdapat juga alkaneketonaldehid, mineral (kalsium, kalium, natrium), asam kersik dan damar. Flavonoid sendiri apling banyak dari akar, yaitu polimetoksiflavonandrgrafinpan ikulinmono-0-metilwithin, dan apigenin-74-dimetiler.

Manfaat Daun sambiloto

Berikut ini 41 manfaat daun sambiloto yang bisa kita dapatkan:

1. Obat Tifoid

Manfaat daun sambiloto yang pertama adalah untuk mengobati penyakit tifoid. Bagaimana caranya? Pertama ambil 10 – 15 lembar daun sambiloto kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, tambahkan madu secukupnya lalu diminum sekaligus. Lakukan 3 kali sehari

2. Obat Disentri Basiler

Khasiat daun sambiloto selanjutnya adalah untuk mengobati disentri basiler. Penyakit disentri basiler adalah penyakit saluran cerna dengan tinja diketahui mengandung darah dengan/tanpa lendir. Untuk mengatasinya anda bisa meramu daun tanaman sambiloto, caranya adalah ambil sebanyak 9 – 15 g daun sambiloto kering, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring. Air rebusannya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

3. Mengobati Diare

Selain dapat digunakan untuk mengobati disentri, manfaat daun sambiloto untuk pencernaan lainnya adalah untuk mengatasi diare yang kita derita, caranya sama dengan cara membuat ramuan herbal untuk mengatasi disentri basiler, yaitu ambil sebanyak 9 – 15 g daun sambiloto kering, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring. Air rebusannya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

4. Radang Saluran Napas

Anda mengalami radang pada saluran pernafasan? Nah, anda bisa memanfaatkan daun sambiloto untuk mengobatinya, caranya juga sama dengan membuat ramuan untuk disentri basiler, yaitu ambil sebanyak 9 – 15 g daun sambiloto kering, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring. Air rebusannya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

5. Mengobati Radang Paru

Bagi anda penderita radang paru-paru, anda bisa mengobatinya dengan menggunakan herbal daun sambiloto, caranya pun sama dengan cara mengobati disentri atau diare di atas, yaitu dengan mengambil sebanyak 9 – 15 g daun sambiloto kering, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring. Air rebusannya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas. 

6. Obat Disentri 

Selain dapat mengobati disentri yang disertai lendir dan darah, anda juga bisa mengobati disentri biasa dengan daun ini, caranya yaitu ambil daun krokot segar (Portulaca oleracea) sebanyak 500 g diuapkan selama 3 – 4 menit, lalu ditumbuk dan diperas. Air perasan yang terkumpul ditambahkan bubuk kering sambiloto sebanyak 10 g sambil diaduk. Campuran tersebut lalu diminum, sehari 3 kali masing-masing 1/3 bagian.

7. Obat Influenza

Manfaat daun sambiloto lainnya adalah untuk mengobati influenza. Memang, influenza bukanlah penyakit yang berbahaya, namun penyakit ini agak menjengkelkan karena ingus kita menjadi meler terus, ktia sulit bernafas, bahkan sulit tidur jadinya. Untuk mengobatinya dengan menggunakan bubuk kering sambiloto sebanyak 1 g diseduh dengan cangkir air panas. Setelah dingin diminum sekaligus, Lakukan 3 – 4 kali sehari.

8. Sakit Kepala

Selain dapat digunakan untuk mengobati influenza, daun sambiloto juga bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan sakit kepala, caranya juga sama dengan membuat herbal untuk influenza di atas, buat bubuk kering sambiloto sebanyak 1 g diseduh dengan cangkir air panas. Setelah dingin diminum sekaligus, Lakukan 3 – 4 kali sehari.

9.  Obat Demam 

Anak-anak sangat mudah sekali demam, apalagi ditengah cuaca yang ekstrim seperti saat ini. Selain dapat mengobati demam pada anak, daun sambiloto juga bisa digunakan oleh orang dewasa. Bagaimana cara membuat herbalnya, ambil daun sambiloto segar sebanyak 1 genggam, lalu tumbuk. Tambahkan 1/2 cangkir air bersih, saring lalu minum sekaligus. Daun segar yang digiling halus juga bisa digunakan sebagai tapal badan yang panas.

10. Obat TB paru 

Selain dapat mengobati radang paru seperti sudah dijelaskan di atas, daun sambiloto juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati TB paru, caranya sangat mudah, yaitu ambil daun sambiloto kering digiling menjadi bubuk. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk rata lalu dibuat pil dengan diameter 0,5 cm. Pil ini Ialu diminum dengan air matang. Sehari 2 – 3 kali, setiap kali minum 15 – 30 pil.

11. Obat Batuk rejan (pertusis)

Daun sambiloto juga bisa anda gunakan untuk mengobati batuk rejan, caranya adalah ambil daun sambiloto segar sebanyak 5 – 7 lembar diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk. Setelah dingin minum sekaligus. Lakukan sehari 3 kali.

12. Mengobati Darah Tinggi 

Satu lagi manfaat daun sambiloto yang sangat luar biasa, yaitu untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penyakit ini sangat banyak sekali penderitanya saat ini, ditunjang oleh kurangnya olahraga, makanan cepat saji dan lifestyle yang tidak sehat lainnya.

Untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan daun sambiloto, caranya adalah gunakan daun sambiloto segar sebanyak 5 – 7 lembar diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk. Setelah dingin minum sekaligus. Lakukan sehari 3 kali.

13. Mengobati Radang Mulut 

Daun sambiloto juga berkhasiat untuk mengobati radang mulut, caranya yaitu dengan menggunakan bubuk kering herba sambiloto sebanyak 3 – 4,5 g diseduh dengan air panas. Setelah dingin tambahkan madu secukupnya lalu diminum sekaligus.

14 Mengobati Tonsilitis 

Manfaat daun sambiloto yang selanjutnya adalah untuk mengobati tonsilitis, caranya sama dengan membuat herbal untuk mengobati radang mulut di atasn yaitu bubuk kering herba sambiloto sebanyak 3 – 4,5 g diseduh dengan air panas. Setelah dingin tambahkan madu secukupnya lalu diminum sekaligus.

15. Obat Faringitis  

Daun sambiloto juga bermanfaat untuk mengatasi faringitis, caranya yaitu ambil daun sambiloto segar sebanyak 9 g dicuci lalu dibilas dengan air matang. Bahan tersebut lalu dikunyah dan airya ditelan.

16. Obat Hidung Berlendir (rinorea) 

Hidung berlendir hampir mirip dengna influenza, namun biasnaya cairan lebih encer dan kita sulit sekali untuk menahannya, dan cairan tersebut menetes begitu saja. Nah, untuk mengatasi ambil daun sambiloto segar sebanyak 9 – 15 g direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum 2 kali sehari @ 1/2 gelas. Untuk OMA, herba segar dicuci lalu digiling halus dan diperas. Airnya digunakan untuk tetes telinga.

18. Obat Sakit Gigi 

Daun sambiloto juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi, caranya yaitu gunakan daun sambiloto segar sebanyak 9 – 15 g direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum 2 kali sehari @ 1/2 gelas.

19. Obaat Infeksi Telinga Tengah (OMA)

Hmm, duan ini juga bisa kita gunakan untuk mengobati penyakit infeksi telinga tengah atau kita sering kenal dengna istilah OMA. Untuk mengobatinya gunakan daun sambiloto segar kemudian dicuci setelah itu digiling halus dan diperas. Airnya digunakan untuk tetes telinga.

20. Obat Kencing manis 

Duan sambiloto juga bermanfaat untuk mengatasi kencing manis, caranya ambil daun sambiloto segar sebanyak 1/2 genggam dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum sehabis makan, 3 kali sehari @ 3/4 gelas.

21. Obat Tifus 

Daun sambiloto juga bisa anda ramu untuk mengobati penyakit tifus, caranya sangat mudah sekali yaitu ambil 10-15 daun yang direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga air rebusan yang tersisa di perkirakan tinggal 1 gelas lalu diminum air rebusannya.

22. Obat Radang tenggorokan

Anda mengalami radang tenggorokan? Daun ini juga bisa digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan yang anda derita, caranya sangat mudah yaitu sediakan 10-15 daun yang direbus dengan 2-3 gelas air sampai mendidih hingga air rebusan yang tersisa di perkirakan tinggal 1 gelas lalu diminum air rebusannya. Bila ada dapat di tambahkan dengan 3-5 lembar daun sirih merah.

23. Obat Gigitan ular berbisa atau sengatan binatang berbisa lainnya

Jika anda dipatuk ular atau terkena sengatan hewan berbisa lain seperti kalajengking, lipan, tawon dan lain sebagainya, anda bisa menggunakan daun sambiloto untuk mengatasinya, caranya adalah ambil daun sambiloto dikunyah, airnya di telan dan sisanya di tempelkan pada luka terkena

24. Obat Malaria

Manfaat daun sambiloto yang tidak kalah luar biasanya adalah untuk mengobati malaria, daun ini bisa anda gunakan sebagai herbal untuk mengatasi malaria yang anda derita caranya yaitu ambil segenggam daun sambilito direbus dengan 4 cangkir air sampai airnya tinggal separuh diminum setengah gelas 3 kali sehari. 

25. Obat Wasir atau Ambieien

Bagi penderita Wasir atau Ambieien, anda bisa mengatasinya dengna berbagai campuran herbal untuk mengobatinya, pertama ambil 15 gr akar terung ungu, lalu keringkan dan giling hingga menjadi bubuk. Kemudian 3 g bubuk akar terung ungu itu dicampurkan dengan bubuk daun sambiloto, jus lidah buaya secukupnya dan diaduk rata. Oleskan pada bagian wasir.

26. Mencegah Kanker

Daun ini juga berkhasiat untuk mencegah kanker. Daun Sambiloto dapat mengobati penyakit seperti trofoblas seperti hamil anggur (mola hidatisoda), dan penyakit trofoblas ganas (tumor trofoblas) serta tumor paru yang merupakan cikal bakal terjadinya kanker.

27. Mengatasi gatal-gatal

28. Mengobati malaria

29. Meningkatkan daya tahan tubuh

30. Menjaga stamina

31. Mengobati sakit perut

32. Kencing manis (DM)

33.  Gejala penyakit hepatitis

34. Infeksi saluran empedu

35. Mengobati radang ginjal akut (pielonefritis akut)

36 Mengobati radang usus buntu

37. Mengobati leptospirosis

38. Efektif untuk menawar racun

39. Baik Untuk Kulit (penggunaan luar)

40. Mengobati diabetes

41. Menghilangkan flek hitam di kulit

Secara umum anda dapat memanfaatkan daun sambiloto untuk perawatan luar dan dalam berikut ini cara membuat herbal duan sambiloto untuk perawatan luar dan dalam tubuh kita.

Penggunaan Daun Sambiloto Untuk Bagian Luar

Untuk penggunaan bagian luar anda dapat menggunakan beberapa cara di bawah ini.
  1. Cuci daun sambiloto yang akan digunakan secukupnya
  2. Haluskan daun sampai halus
  3. Letakkan didalam bahan kain yang halus untuk menampung bekas daun yang telah dihaluskan
  4. Diamkan dalam beberapa menit pada bagian kulit atau wajah agar terlihat sempurna

Untuk penggunaan bagian dalam

Selain untuk bagian luar, ada banyak khasiat daun sambiloto yang penting untuk efek mengobati agar lebih berkhasiat bagi tubuh, berikut caranya:
  1. Ambil beberapa daun sambiloto yang telah di cuci
  2. Rebus dalam air hingga menyisakan 1/4 nya
  3. Minum secukupnya.
Untuk memanfaatkan daun sambiloto ada baiknya meminta saran ahli pengobatan tradisional yang sangat memahami mengenai berbagai khasiat utamanya.


Bagaimana? Ternyata sangat banyak sekali manfaat daun sambiloto bukan? Segera budidayakan tanaman ini di pekarangan rumah anda. Baca juga 27 manfaat daun mint yang sangat luar biasa
Share
 
Copyright © 2015. Manfaat Daunan.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License